Contoh Makalah Aliran-aliran Pendidikan

MAKALAH ALIRAN-ALIRAN PENDIDIKAN


Melihat seluruh makalah | File Microsoft Word [klik 2x]

Berniat untuk mendownload makalah ini
click 2x for download
Makalah in Server GoogleDrive | File Microsoft Word

Pemikiran-pemikiran tentang pendidikan telah dimulai pada zaman Yunani kuno dan berkembang pesat di Eropa dan Amerika. Oleh sebaba itu aliran pendidikan klasik berasal dari kedua kawasan tersebut.  Pemikiran-pemikiran itu tersebar keseluruh dunia melaui buku bacaan yang dibawa oleh orang-orang yang pergi belajar ke Eropa/Amerika. Penyebaran itu menyebabkan pemikiran kawasan tersebut menjadi acuan dalam menetapkan suatu kebijakan bidang pendidikan diberbagai negara. 

Aliran-aliran klasik ini mewakili berbagai variasi pendapat tentang pendidikan, ada yang pesimis dan optimis. Aliran yang pesimis memandang bahwa pendidikan kurang bermanfaat karena dapat merusak pembawaan yang baik sejak lahir oleh anak tersebut. Sedangkan orang-orang yang optimis berpendapat bahwa anak-anak itu seperti tanah liat yang mudah di bentuk sesuka hati.

Sehubungan dengan kajian tentang aliran-aliran pendidikan, perbedaan pandangan tersebut berpangkal pada perbedaan pandangan tentang perkembangan manusia. Ada dua tradisi yang berbeda pandangan (tradisi ala J.Locke) berpendapat bahwa manusia adalah makhluk pasif karena tergantung pada pengaruh lingkungannya,  dan (tradisi ala G.Leibnitz) berpendapat bahwa manusia itu aktif karena mampu beraksi dan menentukan pilihannya sendiri. Dan pandangan kita bahwa siswa/mahasiswa bukan hanya “receiver and transmitter” tetapi juga “generator of information” dengan prinsip belajar CBSA.

Perbedaan pandangan tentang faktor dominan dalam perkembangan manusia tersebut menjadi dasar perbedaan pandangan tentang peran pendidikan terhadap manusia, mulai dari yang pesimis hingga yang optimis. Aliarn-aliran itu pada umumnya mengemukakan suatu faktor dominan, dengan suatu aliran dalam pendidikan akan mengajukan gagasan untuk mengoptimalkan faktor tersebut dalam mengembangkan manusia.